Rabu, 18 Januari 2017

Analisis Penerapan Pemanfaatan Teknologi di Perusahaan / Organisasi / Instansi

Analisis Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Zalora Indonesia

          Seiring berjalannya waktu, semakin marak yang namanya belanja online di Indonesia dikarenakan belanja online itu sendiri memiliki konsep untuk memudahkan orang - orang dalam berbelanja. Sudah terdapat ribuan situs - situs belanja online yang menyediakan pakaian, sepatu, aksesoris, gadget bahkan komputer dan lain sebagainya. 
Saya akan sedikit menjelaskan suatu situs berbelanja online atau biasa dikenal online shop yaitu Zalora Indonesia http://www.zalora.co.id 

          Zalora merupakan sebuah toko online yang ikut meramaikan pasar E-Commerce di Indonesia. Zalora Indonesia adalah situs web belanja online yang menyediakan kebutuhan pakaian yang terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional. Zalora Indonesia ini didirikan oleh Catherine Sutjahyo pada tahun 2012  yang merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia yang terdiri dari Zalora Singapura, Zalora Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora Thailand, dan Zalora Filipina. Lokasi kantor Zalora Indonesia yaitu di Menara Bidakara I, Lt. 17 Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 71 - 73, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, 12870 (PT Fashion Eservices Indonesia)

          Zalora sudah memasarkan produknya di Mobile App, yaitu Zalora Mobile App yang dapat di unduh pada smarthphone berbasis Android. Dalam aplikasi ini, memungkinkan pengguna yang gemar berbelanja untuk menerima push notificataion untuk setiap barang baru dan promo khusus sehingga mereka akan selalu memperoleh info terkini tentang fashion. Melalui aplikasi ini para pengguna juga dapat dengan mudah mengakses informasi produk secara keseluruhan termasuk gambar, ulasan produk dan peringkat.

          Sistem penjualan pada Zalora merupakan B2C atau Business to Customer, dimana target pemasaran mereka adalah individu. Zalora berfokus pada penjualan produk pakaian, tas, sepatu, sports, aksesoris, dan produk kecantikan. 

Beberapa Keunggulan dari Zalora adalah :

1. Menawarkan sistem layanan antar gratis khusus pulau Jawa dan Bali, sedangkan untuk pulai Sumatera dan Kalimantan dikenakan biaya pengiriman apabila pembelian dibawah Rp 200.000. Wilayah Indonesia Timur dan Nusa Tenggara akan dikenakan biaya kirim apabila pembelian dibawah Rp 300.000.
2. Sistem COD diberbagai kota besar di Indonesia, dan menyediakan layanan COD menggunakan Debit Card dan Credit Card untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat
3. Garansi uang kembali selama 30 hari, tetapi berlaku ketentuan

Zalora juga menyediakan layanan Customer Service untuk seputar pertanyaan, bantuan, dan belanja via telepon dengan nomor : 021 - 29490100
- Senin s.d Jumat pukul 09.00 - 21.00 WIB
- Sabtu pukul 09.00 - 13.00 WIB
dan email help@zalora.co.id 

          Waktu atau estimasi penerimaan order yaitu Senin - Jumat sebelum pukul 18.00, estimasi pengiriman Jakarta 1 - 3 hari kerja, dan luar Jakarta 2 - 6 hari kerja, dihitung dari pemesanan. Order akan sampai diantara hari Senin - Sabtu. Sedangkan penerimaan order Senin - Jumat setelah pukul 18.00, estimasi pengiriman Jakarta 1 - 3 hari kerja, dan luar Jakarta 2 - 6 hari kerja, dihitung dihari kerja berikutnya.

          Proses pembayaran pada Zalora dilakukan dengan cara Transfer ATM atau bisa juga menggunakan fasilitas COD (Cash on Deivery) yaitu pembayaran secara langsung apabila barang yang dipesan telah sampai, Zalora menjamin keamanan dari data yang di input oleh customer.

Zalora menggunakan teknologi 128 - bit SSL (Secure Sockets Layer) encryption saat memproses rincian financial anda. 128 - bit SSL encryption bisa dikira mungkin akan membutuhkan waktu sesedikitnya satu triliun tahun untuk rusak, dan ini adalah standar industri. 

Cara Pembelian di Zalora 

1. Masuk ke http://www.zalora.co.id. Pilih kategori produk yang anda ingin beli


2. Pada halaman produk, pilih ukuran yang anda inginkan



3. Jika anda sudah menentukan barang - barang yang ingin anda beli , klik Lanjut ke Pembayaran untuk melakukan transaksi.

4. Anda akan diarahkan ke halaman login/daftar. Jika anda sudah memiliki akun Zalora, anda bisa memilih login


5. Di halaman selanjutnya (setelah login/daftar). Anda akan menemukan tiga buah kolom yang wajib diisi. Kolom pertama : Data pelanggan dan Alamat Pengiriman. Kolom kedua : Metode Pembayaran. Kolom Ketiga : Konfirmasi Pesanan, pastikan barang yang ingin anda pesan sudah sesuai.



6. Setelah anda memastikan bahwa semua isian sudah lengkap dan benar, klik Bayar. pembayaran anda akan langsung diproses dan anda bisa menunggu email notifikasi dari Zalora.





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar