Analisis Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Zalora Indonesia
Seiring berjalannya waktu, semakin marak yang namanya belanja online di
Indonesia dikarenakan belanja online itu sendiri memiliki konsep untuk
memudahkan orang - orang dalam berbelanja. Sudah terdapat ribuan situs - situs
belanja online yang menyediakan pakaian, sepatu, aksesoris, gadget bahkan
komputer dan lain sebagainya.
Saya akan sedikit menjelaskan suatu
situs berbelanja online atau biasa dikenal online shop yaitu Zalora
Indonesia http://www.zalora.co.id
Zalora merupakan sebuah toko online yang ikut meramaikan pasar E-Commerce di
Indonesia. Zalora Indonesia adalah situs web belanja online yang menyediakan
kebutuhan pakaian yang terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun
internasional. Zalora Indonesia ini didirikan oleh Catherine Sutjahyo pada tahun
2012 yang merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia yang terdiri dari
Zalora Singapura, Zalora Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora
Thailand, dan Zalora Filipina. Lokasi kantor Zalora Indonesia yaitu di Menara
Bidakara I, Lt. 17 Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 71 - 73, Menteng Dalam,
Tebet, Jakarta Selatan, 12870 (PT Fashion Eservices Indonesia)
Zalora sudah memasarkan produknya di Mobile App, yaitu Zalora Mobile App yang
dapat di unduh pada smarthphone berbasis Android. Dalam aplikasi ini,
memungkinkan pengguna yang gemar berbelanja untuk menerima push notificataion
untuk setiap barang baru dan promo khusus sehingga mereka akan selalu
memperoleh info terkini tentang fashion. Melalui aplikasi ini para pengguna
juga dapat dengan mudah mengakses informasi produk secara keseluruhan termasuk
gambar, ulasan produk dan peringkat.
Sistem penjualan pada Zalora merupakan B2C atau Business to Customer, dimana
target pemasaran mereka adalah individu. Zalora berfokus pada penjualan produk
pakaian, tas, sepatu, sports, aksesoris, dan produk kecantikan.
Beberapa Keunggulan dari Zalora
adalah :
1. Menawarkan sistem layanan antar
gratis khusus pulau Jawa dan Bali, sedangkan untuk pulai Sumatera dan
Kalimantan dikenakan biaya pengiriman apabila pembelian dibawah Rp 200.000.
Wilayah Indonesia Timur dan Nusa Tenggara akan dikenakan biaya kirim apabila
pembelian dibawah Rp 300.000.
2. Sistem COD diberbagai kota besar
di Indonesia, dan menyediakan layanan COD menggunakan Debit Card dan Credit
Card untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat
3. Garansi uang kembali selama 30
hari, tetapi berlaku ketentuan
Zalora juga menyediakan layanan
Customer Service untuk seputar pertanyaan, bantuan, dan belanja via telepon
dengan nomor : 021 - 29490100
- Senin s.d Jumat pukul 09.00 -
21.00 WIB
- Sabtu pukul 09.00 - 13.00 WIB
dan email help@zalora.co.id
Waktu atau estimasi penerimaan order yaitu Senin - Jumat sebelum pukul 18.00,
estimasi pengiriman Jakarta 1 - 3 hari kerja, dan luar Jakarta 2 - 6 hari
kerja, dihitung dari pemesanan. Order akan sampai diantara hari Senin - Sabtu.
Sedangkan penerimaan order Senin - Jumat setelah pukul 18.00, estimasi
pengiriman Jakarta 1 - 3 hari kerja, dan luar Jakarta 2 - 6 hari kerja,
dihitung dihari kerja berikutnya.
Proses pembayaran pada Zalora dilakukan dengan cara Transfer ATM atau bisa juga
menggunakan fasilitas COD (Cash on Deivery) yaitu pembayaran secara langsung
apabila barang yang dipesan telah sampai, Zalora menjamin keamanan dari data
yang di input oleh customer.
Zalora menggunakan teknologi 128 -
bit SSL (Secure Sockets Layer) encryption saat memproses rincian financial
anda. 128 - bit SSL encryption bisa dikira mungkin akan membutuhkan waktu
sesedikitnya satu triliun tahun untuk rusak, dan ini adalah standar
industri.
Cara Pembelian di Zalora
2. Pada halaman produk, pilih
ukuran yang anda inginkan
3. Jika anda sudah menentukan
barang - barang yang ingin anda beli , klik Lanjut ke Pembayaran untuk
melakukan transaksi.
4. Anda akan diarahkan ke halaman
login/daftar. Jika anda sudah memiliki akun Zalora, anda bisa memilih
login
5. Di halaman selanjutnya (setelah
login/daftar). Anda akan menemukan tiga buah kolom yang wajib diisi. Kolom
pertama : Data pelanggan dan Alamat Pengiriman. Kolom kedua : Metode
Pembayaran. Kolom Ketiga : Konfirmasi Pesanan, pastikan barang yang ingin
anda pesan sudah sesuai.
6. Setelah anda memastikan bahwa
semua isian sudah lengkap dan benar, klik Bayar. pembayaran anda akan
langsung diproses dan anda bisa menunggu email notifikasi dari Zalora.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar